Bukan perahu, bukan angkot, bukan juga supirnya

Pak supir berhenti narik angkotnya…

Kenapa?udah sering mogok?pa g kuat bayarin bensin yang harganya naek?onderdilnya susah dicari kali?? Pa malah dijual?yang beli siapa?tetangga pa juragan angkot di kampung sebelah?(maklum, juragan sebelah bnyak duitnya)

Haha, bukan itu…

SIMnya udah dicabut, kontrak ma Bu Juragan udah abis. Katanya butuh penyegaran, biar nariknya tambah kenceng, setoran tambah tinggi.

Makasih udah naek angkot ni,skrg udah nyampe terminal.klo masih mo jalan, naek angkot berikutnya ja.Kayaknya lebih cepet nyampenya. Supir baru, onderdil baru, kayaknya juga g perlu panas-panas banget. Smua dapet tempat, g sah capek-capek berdri. Ga usah nunggu nambal ban atau antri beli bensin lagi..

Bukan perahu, bukan angkot , bukan juga supirnya,

Tapi tujuan yang mau dituju ma penumpangnya..

“Pak, udah nyampe blum?”, ad anak yang nanya

“Hmmm, dijawab apa ya?bingung jawabnya…”, supir “kliatan” bingung

“Nyampe mana?”

“Adek sendiri mo pergi kemana?”

“Masa’ g punya tujuan?”

“Kalo supir sih tinggal tancap gas, jalan. Kemana aja bisa…”

Yap, kemana mo pergi, supir tinggal nganter. Asal ga ngajak ke neraka, semua bisa diatur..

Tapi inget, walo kliatannya bayarannya sama, rasanya tetep beda. Jauh deket kita sendiri yang ngrasain. Bukan mata kita yang memandang atau telinga kita yang ndengerin. Tapi hati kita yang ngrasain pegel, bau, atau ngantuknya kita selama naik ni angkot

Tapi tujuan yang mau dituju ma penumpangnya..

“Kemana ya?”

“Kemana aja, ngikut ma pak supir”

“Yang penting nyampe pak..”

(giliran yang nanya yang bingung sendiri…)

Karena angkot udah baru, supir juga udah baru, penumpang juga ada yang baru, pasti ada tujuan baru juga. Jangan asal pergi ngikut supir ja. Semua harus ada tujuannya, biar g perlu tanya-tanya kagi mo pergi kemana?udah nyampe pa blum ato yang lainnya..

Yang perlu diinget, pergi pasti ada tujuannya, pergi pasti ada ongkosnya, jauh deket biar katanya bayarnya sama, rasanya tetep beda. Yang sabar nunggu ya syukur, yang capek ya brati butuh olahraga, yang keringetan ya bawa anduk, siap-siap bawa kipas ma minyak wangi, biar g ganggu penumpang sebelahnya. Jangan sampe gara-gara kringetan, penumpang sebelah minta turun sebelum nyampe tujuannya. Sukur-sukur kalo bisa bagi-bagi minum, biar sama-sama adem g kepanasan..

Kalo udah bisa punya mobil sendiri ya Alhamdulillah, temennya bisa diajak pergi bareng-bareng..

Buat pengamen, nyanyiin lagu-lagu yang bagus biar penumpang g pada ngantuk. Sekali-kali juga crita uang lucu-lucu biar tetep waspada klo2 ada copet yang diem-diem nyuri dompet orang..

Buat supir yang baru, jangan lupa beli kipas angin. Jendela ja blum cukup buat ngademin badan, apalagi ngademi ati..

Pak supir, ayo narik..!!!

Dunia penelitian telah menjadi bagian yang tak dapat terpisahkan dari mahasiswa dan para penikmat ilmu pengetahuan. Berangkat dari rasa keingintahuan yang tinggi terhadap suatu permasalahan, para peneliti berusaha menemukan dan membuktikan sesuatu yang dapat menjadi suatu solusi dari berbagai permasalahan.

Untuk menciptakan karya yang maksimal dan sesuai dengan kaidah penelitian yang baik, maka para calon peneliti membutuhkan pengetahuan dasar mengenai seluk-beluk penelitian. Oleh karena itu, Komite Sains dan Penelitian HIMAPSI merasa perlu akan diadakannya Training Penelitian. Hal ini tentunya memiliki tujuan inti untuk mempersiapkan dan memotivasi para peneliti–peneliti muda, untuk dapat berkarya dan terus berkarya untuk Indonesia.

JADWAL KEGIATAN

Hari/tanggal : 01 Juni 2009

Tempat            : Prodi Psikologi Ruang Kuliah I

PEMBICARA: ADITYA NANDA P., S.Psi., M.Si

“ Himapsi Himapsi Semesta

Semangat mewujudkan asa dan cita

Jadi diri sendiri, wujudkan visi misi

satu trisula untuk Himapsi “

Penggalan alunan lagu ini (disetujui oleh seluruh anggota dan pengurus sebagai jingle Himapsi)  disenandungkan KMB (komite minat dan bakat), di saat anggota dan pengurus Himapsi mengikuti suatu kegiatan yang dipelopori oleh POSDM yaitu LOPER ISI (Lomba pengurus Himapsi). Kegiatan yang begitu dahsyat ini berlangsung pada hari Kamis tanggal 21 Mei 2009 di taman psikologi UNS, kampus Tirtomoyo tercinta.

Kegiatannya apa aj sich ???

Begini, pastinya lebih dari 3 kegiatan,hohoho. Ada lomba mading, lomba jingle Himapsi, Bandara (Bakiak Ambil Bendera), Es Kemplon (Estafet Kempit Balon), lomba cerdas ngawur.

Lomba ini diikuti oleh biro dan komite yang ada di kepengurusan Himapsi. Semuanya terlihat sangat antusias, apalagi biro HO, hahahaha( tertawa jahat), narsis sedikit bolehlah asal g merusak pikiran yang membaca ni tulisan.

Btw nama biro dan komite Himapsi kita apa aj???

Yang nanya ini siapa?yang nanya harus menjawab pertanyaan di bawah ini:

Darimana? Kemana aj? Rumah atau kosannya dimana?angkatan berapa?Biasanya pulang pergi kuliah lewat mana?

GUBRAK,,GEDEBUK,,, KLONTANG KLONTANG ,

Menohok banget, hatiku terluka, merana,teriris,  dan teman2nya yang lain, hiks..

Y uda, karena penulis baik hati, ramah, penyabar, hihihi, kasi tau deh. Himapsi punya 2 biro yaitu BIKRO (biro kerohanian) dan HO (Himapsi Online). 5 komite yaitu KMB (komite minat dan bakat), POSDM (pengembangan organisasi dan sumber daya manusia), KOMJAR (komunikasi dan jaringan), KSP (komite sains dan penelitian), KOMINFO (komite media dan informasi.

Alhamdulillah, yang jadi juara umum di acara ini adalah ENG IENG …..siapa lagi kalau bukan….tiiiiiiiiiiiitttttt, penulisnya dari anggota dari biro ini nih,, yah payah, g tau y? hehehe kami maklum kok, langsung saja HO (HIMAPSI ONLINE).

Oke deh, intinya nih, dengan adanya acara ini anak – anak Himapsi yang pada dasarnya ( ^_^)kreatif makin kreatif, yang kompak makin kompak, yang terpengaruh sindrom narsistik, keeksisan berlebih dan gangguan kepribadian lainnya  diharapkan segera berkonsultasi minimal pada diri sendiri, critanya kan calon psikolog yang handal dan cerdas, pokoknya yang sesuai dengan visi misi himapsi deh…

Saya sudahi tulisan saya yang alurnya tidak jelas ini, hehehe, yang intinya juga mengambang antara neurosis dan psikosis ( emang gangguan kepribadian ambang), tapi smoga bermanfaat.

Mohon maaf lahir dan batin,, WASSALAM

GO HIMAPSI SEMESTA ^_^

admin by Rizky Mestika Warni HSB

Tanggal 16 Mei 2009 merupakan hari bersejarah dalam catatan kehidupan mahasiswa Psikologi UNS khususnya, dan masyarakat di sekitar Solo, Semarang, serta Yogyakarta pada umumnya. Hari dimana terselenggarakannya sebuah agenda besar “Talkshow Regional (Solo, Semarang, dan Yogyakarta)” dari  Komite Sains dan Penelitian (KSP) Himapsi UNS. Talkshow tersebut berjudul:

TALKSHOW HOMOSEKSUAL

Dimensi Seks dan Kejiwaan

“KEBUTUHAN ATAU PILIHAN?”

Acara diselenggarakan di Aula Fakultas Kedokteran UNS, dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Dihadiri oleh 7 tamu undangan (Dekan Fakultas Kedokteran UNS, DR.H.AA.Subijanto,dr.MS; Ketua Prodi Psikologi UNS, Dra. Suci Murti Karini, M.Si; Sekretaris Prodi Psikologi UNS Drs. Hardjono, M.Si; Koordinator Kegiatan Kemahasiswaan Prodi Psikologi UNS H. Arista Adi Nugroho, S.Psi.,MM; Koordinator Litbang, Pengabdian Masyarakat & Skripsi Prodi Psikologi UNS, Nugraha Arif Karyanta, S.Psi; Koordinator Pendidikan Prodi Psikologi UNS, Aditya Nanda Priyatama, S.Psi., M.Si; serta Koordinator Administrasi & Keuangan, Kuliah Magang Mahasiswa Prodi Psikologi UNS, Rin Widya Agustin, M.Psi.), 132 peserta, dan 32 panitia. Disponsori oleh: DPRD Surakarta, TATv, Percetakan Gesit, Azaria, Kalbe, Prambos, dan tentunya didukung penuh oleh Universitas Sebelas Maret dan HIMAPSI. Narasumber dalam acara tersebut adalah:

  1. Prof. Drs. Koentjoro, PhD, MBSc
  2. dr. Istar Yuliadi
  3. Slamet Raharjo

Banyak hal yang kita dapat dari acara tersebut, diantaranya:

  1. Tahu apa sih homoseksual itu…
  2. Tahu apa penyebab homoseksual secara fisik dan psikologis…
  3. Tahu apakah homoseksual itu kebutuhan atau pilihan???
  4. Tahu bagaimana kehidupan seorang yang homoseksual???
  5. Tahu bagaimana deteksi dini seorang yang homoseksual…
  6. Tahu bagaimana cara menghadapi seorang anak yang homo..
  7. Tahu bagaimana homoseksual dipandang dari ilmu seksologi, psikologi, dan agama..
  8. dan lain sebagainya seputar homoseksual tentunya….

Acara yang menelan biaya Rp 3,5 juta ini, mendapat apresiasi yang luar biasa bagus dari semua pihak yang terlibat di dalamnya. Hasilnya, mendapat prestasi sebagai acara terbaik kedua dari segala kegiatan yang diadakan HIMAPSI UNS Periode 2009 sampai akhir Mei 2009 ini.

admin by Shinta

Tidak hanya kegiatan yang bersifat ilmiah saja. Untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat maka dari BIKRO divisi Islam mengadakan kegiatan Islamic Discusion yang mengangkat tentang isu-isu yang terjadi didalam masyarakat yang diangkat dari perspektif Islam dan Psikologi. untuk kali ini Divisi Islam Bikro HIMAPSI mengangkat  tema tentang wanita publik dan domestik dimasa ini, dimana masih terjadi perdebatan alot, mengingat masih ada isu tentang  jender di negara ini. tidak hanya anak psikologi aja yang hadir tapi juga ada dari teman kita dari fakultas Hukum yang menghadiri acara yang diselenggarakan pada tanggal 13 mei 2009.  Saksikan the next ID Psikologi berikutnya…

-admin-

Walaupun di kalender tidak ada tulisan yang mengatakannya, tapi tanggal 2 Mei adalah hari lahir Ki Hadjar Dewantara yang lantas diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (hardiknas) oleh bangsa Indonesia.

Tapi, apa spesialnya tanggal 2 Mei 2009? Hmmm…spesialnya adalah pada hari Sabtu tersebut, Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi) mengadakan acara di Aula Fakultas Kedokteran UNS yang bertajuk PROBLEM SOLVING AND DECISION MAKING TRAINING It’s possible to solve your problem“. Ya, sebuah training yang diperuntukkan bagi kalangan umum dan mahasiswa.

Dan hanya dengan membayar Rp 25.000,00 bagi mereka yang masih menjadi tanggungan orang tua alias mahasiswa atau pelajar dan Rp 30.000,00 bagi mereka yang termasuk dalam kategori umum, para peserta bisa mendapatkan fasilitas berupa snack, makan siang, coffee break, sertifikat, dan ilmu yang sangat bermanfaat dari sang pembicara yaitu Pak Mustaq Firin, S.Psi, M.Si yang juga seorang dosen Universitas Gadjah Mada.

Lantas, bagaimana jalannya acara PSDMT tersebut? Acara tersebut bisa dikatakan sangat sukses. Kenapa? Karena, peserta yang hadir ada 195 orang dari 200 orang yang ditargetkan oleh panitia. Acaranya pun tidak ngaret sebagaimana yang biasa dilakukan bangsa Indonesia pada umumnya. Dimulai pukul 08.30, acara diisi dengan sambutan dari ketua panitia PSDMT, yaitu Anis Dyah Ayu Masita (mahasiswi Psikologi angkatan 2007), Ketua Program Studi Psikologi, Dra. Suci Murti Karini, M.Si dan terakhir adalah Dekan Fakultas Kedokteran UNS yaitu Prof. DR. A.A. Subijanto, dr., M.S.

Setelah acara sambutan, untuk menyegarkan suasana, Pak Mustaq Firin memberikan beberapa pertanyaan yang membuat para peserta tercengang. Sebagai contoh adalah, jika sekarang jam 8 malam, dan Anda ingin bangun jam 10 pada keesokan harinya, berapa jam Anda memutar jam weker? Berapa banyak hewan yang dibawa nabi Musa dalam perahunya? Jika di dalam sebuah ruangan ada lampu, senter, lilin, dian teplok, dan kayu, manakah yang pertama kali Anda nyalakan?

Kemudian, langsung dilanjutkan materi pertama yaitu Experiential Learning Cycle. Pada materi pertama ini, peserta diberikan tiga kartu dengan warna yang berbeda. Kartu merah untuk harapan, kartu kuning untuk ……., dan kartu hijau untuk……… Selesai menulis, kartu dikumpulkan dan sebagian dari tulisan tersebut dibacakan oleh trainer sambil dievaluasi.

Selanjutnya, adalah game Hollow Square. Dalam permainan ini, peserta akan dibagi

menjadi 20 kelompok dengan tiap kelompok dibagi lagi menjadi perencana (4 orang), pelaksana (4 orang), dan pengamat (2 orang). Tugas mereka adalah menyusun potongan-potongan gambar menjadi bujur sangkar bolong. Karena banyaknya peserta dan rumitnya permainan ini, Pak Mustaq Firin dibantu oleh dua puluh orang co-trainer yang berasal dari panitia. Tugas para co-trainer adalah mengkoordinasi tiap kelompok peserta (sebelum acara, peserta mengambil undian untuk menentukan tempat duduk dan kelompok) dan mengawasi jalannya game tersebut.

Selesai Hollow Square, peserta diberikan waktu untuk maksiat, makan istirahat dan sholat hingga pukul 13.00. Rampung maksiat, dilanjutkan game Business Opportunity. Di sini tiap-tiap kelompok bersaing untuk mencari jalan yang benar dalam sebuah kolom F x 7. Jika satu kelompok salah, akan dilanjutnya kelompok berikutnya. Dan seterusnya hingga ditemukan pemenangnya.

Dan sebagai acara pamungkasnya, Pak Mustaq Firin memberikan permainan yang menurut kita hampir tidak masuk akal. Apa itu? Jeng.jeng….menembuskan sedotan plastik ke dalam kentang. Tidak mungkin. Itu kata pertama kita. Bagaimana bisa? Caranya adalah dengan fokus terhadap apa yang kita inginkan dan percaya bahwa itu bisa dilakukan. Kemudian konsentrasi, pegang erat sedotan dan menutup lubang bagian atas, kemudian dengan kecepatan tinggi lesakkan sang sedotan ke arah kentang. Hasilnya, fantastis. Sedotan itu masuk ke dalam kentang. Dan ternyata, banyak juga peserta yang bisa melakukannya. Cause I want, I can.

Acara pun berakhir. Tibalah saat berpisah. Master of Ceremony menutup PSDMT dan peserta keluar melewati pintu menuju tempat parkir untuk mengambil kendaraan mereka dan pergi ke tempat tujuan selanjutnya. Sedangkan panitia, setelah acara usai mengucapkan puja dan puji syukur karena acara berjalan lancar. Saatnya untuk evaluasi dan berbenah.

admin by Busrini

Mendengar kata teater mungkin kalau di UNS udah banyak yang kenal klub teater TESA dan Teater Peron. lha di HIMAPSI juga ada sebuah klub teater yang baru didirikan pada periode kepengurusan tahun lalu. Awalnya bernama TEKO kependekan dari Teater Psikologi. awalnya manggung saat diundang di acara yang dibuat oleh anak BEM di tahun lalu. kemdian di tahun berikutnya sering ditampilkan di acara HIMAPSI seperti Seminar ‘Menoleh Pada PSIKOPAT’ tanggal 15 November 2008, acara’ PSDM’ training 2 Mei 2009.

penampilan yang berkesan adalah saat tampil di acara ulang tahun teater PeronUNS  yang ke 22, dengan mengambil judul Hujan di bulan Juni. saat itu resmi teater TEKO berubah nama menjadi teater ID yang mengambil salah satu dari strutur jiwa yang dipopulerkan oleh Freud dengan harapan teater ini dapat menjadi klub minat kebanggaan yang dimiliki oleh HIMAPSI. Teater ini dikelola oleh komite  Minat dan Bakat HIMAPSI dengan berangotakan lebih dari 10 orang seperti Ullum, Berlian, Pipit, Risa, Wildan, Hida, Pit dan lain-lain.

-admin-

Organisasi adalah sebuah wadah berkumpulnya dua orang atau lebih untuk menyatukan visi dan misi serta tujuan tertentu untuk tercapainya cita-cita organisasi. Beberapa komponen organisasi yang harus ada dan mendukung berdirinya suatu organisasi agar cita-cita organisasi dapat diwujudkan diantaranya adalah Sumber Daya Manusisa yang berkualitas. Sumber Daya Manusia yang berkualitaas akan membangun organisasi yang kokoh dan maju.
oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) UNS akan mengadakan kegiatan guna mempertemukan beberapa organisasi psikologi dari universitas se-Jawa Tengah & D.I Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan silaturahmi antara organisasi psikologi dari universitas se-Jawa Tengah & D.I Yogyakarta.
Deskripsi kegiatan

hari/tanggal : Jum’at – Minggu, 01 – 03 Mei 2009
Tempat       : Hotel pravesti dan Aula FK UNS
Peserta      : Perwakilan organisasi psikologi dari universitas se-Jawa Tengah & D.I Yogyakarta, Mahasiswa serta umum.

admin by Segendig Kurniawan

Kuliah tidak hanya harus duduk diruangan mendengarkan presentasi dari dosen atau teman. mungkin jika tiap hari kek gitu maka bisa pusing ni kepala, tiap hari disuguhkan dengan buku mata kuliah. dari project KOMINFO HIMAPSI mengadakan suatu media pembelajaran lain yaitu  dengan sebuah pemutaran film. eitz  jangan salah dulu film-film yang diputarkan disini tentu dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa.

Bisa dikatakan film yang diputarkan lebih berbau psikologi, karena kami mahasiswa  psikologi maka dapat kami ambil pelajaran dari setiap film yang diputerkan. untuk edisi pertama KOMINFO mengambil judul ‘Bed time stories’ di jam pertama kemudian “Shufter” di jam kedua. acara nonton breng ini diselenggarakan tanggal 22 april 2009 di RK I psikologi.

Dengan adanya pemutaran film ini diharapkan selain menjadi media refreshing juga dapat sebagai media pembelajaran. Saksikan the next Psyconema… di tanggal 29 Mei 2009 dengan judul yang berbeda.

-admin-

BIKRO punya gawe,,,

dimana BIKRO merupakan biro yang berbasis pada bidang kerohanian, mereka tentu saja akan membahas tentang hal-hal seputar kerohanian. Acara ini mereka kasih nama KABAR,,

hmmm,apa itu KABAR????

KABAR merupakan akronim dari Kajian Bareng, dari judul kegiatannya kita dapat menginterpretasikannya sebagai sebuah diskusi agama Islam,

klo temen-temen pengen lebih lanjut tau apa aja yang dibahas dalam kajian itu langsung nimbrung aja yuk….^.^,

catet tanggalnya yach,,

29 april 2009,bertempat di kampus tercinta kita kok, tepatnya ruang kuliah I,,,,

so buruan dateng yaph…ho ho

-admin-

« Older entries